Thursday, 24 April 2014
   
Text Size

PELAJARAN TENTANG KEKUATIRAN HIDUP DAN HARTA

Matius 6:19-34

Harta merupakan suatu benda yang dicari semua orang di dunia bahkan sekalipun seseorang punya harta yang banyakpun tetap punya keinginan yang amat besar untuk memperoleh yang lebih besar lagi. Dalam 2 Timotius 6:6-10

Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.  Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan.

Ayat ini menjadikan kita sadar bahwa kita dapat jatuh di dalam hal harta benda. Mengumpulkan harta di sorga merupakan panggilan bagi setiap orang percaya. Berbicara tentang hal ini berarti  berbicara tentang pandangan hidup / cara pandang kita terhadap kehidupan. Ada orang memiliki pandangan hidup : Miliki banyak harta maka hidup akan bahagia karena semua dapat kita beli atau Miliki sedikit harta di dunia maka hidup semakin dekat dengan Tuhan ( hidup semakin rohani)

Kedua-duanya adalah pandangan yang keliru. Tuhan kita bukan Tuhan yang tidak peduli dengan kebutuhan kita (Yohanes 10:10) tetapi Dia juga tidak ingin apa yang Dia beri membuat kita jauh dari-Nya.

Injil Matius 6:22-23

Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Ayat ini berbicara bahwa yang menjadi penyebab kita jatuh dalam soal harta adalah keinginan mata dan keinginan hati (Lukas 12:34). Kedua keinginan ini harus kita bereskan lebih dahulu sebelum kita melangkah lebih lanjut. Ingatkan bahawa keduanya mempengaruhi :

  • Ketaatan kita kepada Tuhan (Obey)
  • Kesetiaan kita kepada Tuhan (Loyal)
  • Kesuciaan kita kepada Tuhan (Holiness)

Kehidupan Kristen yang berhasil di dapat jika kita mencari dan mengetahui kehendak Tuhan serta melakukannya dan itu adalah IMAN.

Hal ini dilanjutkan saat kekuatiran datang dalam hidup kita karena kata kuatir ( bahasa Ibrani, mer-im-nah-oh) [ the word suggets a destruction, a preoccupation with things causing anxiety, stress, and pressure].

Tuhan ingin kita melihat bahwa hidup lebih bernilai ketimbang makan, minum dan pakaian. Hari-hari ini banyak orang hidupnya ditentukan oleh makanan, oleh minuman dan pakaian. Nilai diri mereka ditentukan oleh merek / tempat dan ketika itu semua hilang dalam hidupnya, mereka kehilangan jati diri.

Kekuatiran digambarkan :

  • Unnecessary (26,28-230)
  • Unfruitful  ( 27)
  • Unbecoming to a Christian (31-32)

 

Dalam Matius 6: 27  berbicara tentang kekuatiran tidak menambah sehasta dalam hidup kita. Sehasta = cubit = 18 inchi = 45 cm. Kekuatiran tidak akan pernah menambah tinggi rohani kita. Kekuatiran hnya menurunkan nilai kita dengan ciptaan Tuhan yang lain.

Janji Tuhan dalam Matius 6:32-34

Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."

 

Tuhan memberikan segala yang kita butuhkan hari lepas hari. Tuhan juga akan melakukannya jika kita hidup untuk Dia d dan menjadikan Kerajaan-NYa menjadi prioritas hidup kita. Ketika kita setia maka Tuhan akan menambahkan kepada kita berkat-berkat-Nya.

Alkitab memberitahu kita proses menjadi kaya dalam Tuhan di dalam Kejadian 26:13, yakni : kaya – kian lama kian kaya  hingga menjadi sangat kaya.

Mari kita tidak pernah lupa untuk menabur sebab Tuhan akan lipat gandakan dan apa yang kita miliki atau makan, Tuhan akan tambahkan.

Karena itu jangan kita kuatir tetapi percaya kepada Tuhan dengan mencari dan mengetahui kehendak Tuhan dalam hidup kita serta melakukannya.

Visi 2014

GBI Gajah Mada Semarang

Gereja yang Lebih Antusias, Lebih Disiplin dan Lebih Produktif

List Download

Live Konseling

Live Konseling

LiveZilla Live Help

Jam kerja :
Selasa - Sabtu,
jam 09.00 - 15.00

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini67
mod_vvisit_counterKemarin348
mod_vvisit_counterMinggu ini1292
mod_vvisit_counterAkhir Minggu1937
mod_vvisit_counterBulan ini7932
mod_vvisit_counterAkhir Bulan46870
mod_vvisit_counterTotal504969

Pengunjung kami:
5 guests online
IP Anda: 67.202.56.112
 , 
Hari ini: 24 Apr 2014

Change Language

Radio Streaming BeFM

User Login